Senin, 25 November 2019

Analisis STP

Image result for segmentation

1. Segmentasi Perilaku dan Sikap
Segmentasi ini mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, penggunaan atau reaksi terhadap suatu produk. Camilan telor gulung ini dapat disegmentasikan menjadi pengguna produk kelas ringan (yang jarang mengonsumsi), menengah (yang sering mengonsumsi), dan kelas berat (yang sering dan teratur mengonsumsi).
2. Segmentasi Demografi
Segmentasi demografi adalah segmentasi yang menyangkut usia, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, agama, ras, kewarganegaraan, pendidikan, dll. Camilan telor gulung ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan yaitu anak-anak, remaja, ataupun orang tua segala umur dan cocok untuk jenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Alasannya adalah Camilan telor gulung ini dapat menjadi camilan saat waktu santai.
3. Segmentasi Geografi
Segmentasi geografi terbagi atas wilayah, ukuran kota, kepadatan penduduk, iklim, dan keadaan topografis. Camilan telor gulung lebih bagusnya di pasarkan di daerah padat seperti sekolah,kantor, dan lain lain. Selain itu, konsumen di daerah kota ingin mendapatkan produk yang enak, mudah di dapat dan enak.
4. Segmentasi Psikografi
Segmentasi psikografi menyangkut tentang gaya hidup (life style) maupun kepribadian konsumen itu sendiri. Camilan telor gulung ini sendiri mengikuti gaya hidup masyarakat dengan pengelompokan pelanggan. Pelanggan yang modern maupun tradisional dengan melihat aktivitas, kesenangan, sosial dan lingkungan dimana pelanggan tersebut berada.
Konsumen yang memiliki kepribadian simpel akan memilih produk ini, karena Camilan telor gulung lebih efektif dikonsumsi karena kemasannya yang simple dan rasa yang menarik. Alasannya, yaitu konsumen lebih suka mengkonsumsi Camilan telor gulung karena harga relative dan cukup mengenyangkan.
B. Analisis Targeting
Analisis targeting atau analisis target pasar adalah dapat dilakukan dengan proses, yaitu keputusan pemilihan segmen dan pilih strategi yang sesuai dengan segmen. Target pasar yang baik adalah dapat diidentifikasi, besar pasar mencukupi, stabil, dan dapat dimasuki.
Target pemasaran Camilan telor gulung adalah untuk seluruh kalangan dari anak anak sampai dewasa.
C. Analisis Positioning
Analisis positioning adalah penanaman brand kepada konsumen dengan proses seleksi atribut untuk diferensiasi dan menetapkan penentuan posisi di seluruh strategi dan taktik pemasaran.
Salah satu strategi pemasaran Camilan telor gulung dalam memposisikan, yaitu dengan menciptakan motto "we served your children favorite snacks". Dengan demikian konsumen akan berfikir bahwa Camilan telor gulung ini adalah snack yang cocok untuk anak anak sampai dewasa.

0 comments:

Posting Komentar